RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No.
Nama
Sekolah :
Kelas/Semester : V
(5) / Genap
Tema : Pendhidhikan
Aspek : Mendengarkan
Pertemuan
ke : 1
I. IDENTITAS
MATA PELAJARAN
Bahasa
Jawa
II. STANDAR
KOMPETENSI
Mampu mendengarkan dan memahami ragam
wacana lisan melalui mendengarkan pesan langsung, cerita wayang, drama, dan
ungkapan teman tentang kegembiraan
II. KOMPETENSI DASAR
Nyemak
5.1.Mendengarkan cerita rakyat
IV. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
5.1.1.Mendengarkan cerita rakyat/
dongeng Rawa Pening
5.1.2.Menyebutkan tokoh utama dan
wataknya
5.1.3.Mrnceritakan
kembali isi
V. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Siswa dapat
§ Meringkas cerita dengan
bahasa sendiri
VI.
MATERI AJAR
§ Nyemak carita Rawa Pening
VII. ALOKASI
WAKTU
2 x 35 menit
VIII. METODE
PEMBELAJARAN
§ Ceramah, Tanya jawab, Latihan
IX. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan Siswa
|
Pengorganisasian
|
Nilai Karakter
|
1.
|
Kegiatan
Awal
|
|
Religius
|
1) Guru dan siswa
membaca doa sebelum belajar
|
|||
2) Guru mengabsen siswa
|
Disipilin
|
||
3) Mengemukakan tujuan pembelajaran “Nyemak
carita Rawa Pening”
|
Rasa ingin tahu
|
||
2.
|
Kegiatan
Inti
|
|
|
1) Eksplorasi
|
|||
1.1.
Siswa mendengarkan cerita rakyat “Rawa Pening” yang
dibacakan oleh guru
|
Rasa ingin tahu
|
||
1.2. Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media
pembelajaran dan sumber belajar lain.
|
Belajar Aktif
|
||
1.3. Memfasilitasi terjadinya interaksi antar siswa serta antar
siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya
|
|||
|
1.4. Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan
|
|
Demokrasi
|
2) Elaborasi
|
|||
2.1. Siswa dapat menyebutkan tokoh cerita
“Rawa Pening”
|
Rasa ingin tahu
|
||
2.2. Memfasilitasi siswa melalui pemberian
tugas, diskusi dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis.
|
|||
2.3. Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut.
|
|||
2.4. Memfalitasi siswa dalam pembelajaran
kooperatif dan koloboratif
|
|||
2.5. Memfasilitasi siswa berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
|
|||
2.6. Memfasilitasi siswa membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis secara individual maupun
kelompok
|
|||
2.7. Memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil
kerja secara individual maupun kelompok
|
|||
2.8. Memfasilitasi siswa melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri siswa
|
|||
3) Konfirmasi
|
|||
3.1. Siswa
dapat meringkas cerita “Rawa Pening” dan menceritakannya di depan kelas
|
Kreatif
|
||
3.2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi siswa melalui berbagai sumber
|
Rasa ingin tahu
|
||
3.3. Memfasilitasi siswa melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
|
|||
3.4. Memfasilitasi siswa untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
|
|||
-
Berfungsi sebagai narasumber
dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan,
dengan mengunakan bahasa yang baku dan benar.
|
|||
-
Membantu menyelesaikan masalah
siswa dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi
|
|||
-
Memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh, dan
|
|||
|
-
Memberikan motivasi kepada
siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
|
|
|
3
|
Penutup
|
|
|
3.1. Guru mengucapkan
salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam
|
Religius
|
||
3.2. Memberikan umpan
balik terhadap proses hasil pembelajaran
|
Rasa ingin tahu
|
||
3.3. Merencanakan
kegiatan lebih lanjut dalam bentuk pembelajaran remedial, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar siswa
|
|||
3.4. Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
X. PENILAIAN HASIL BELAJAR
A. Prosedur
Penilaian dilakukan selama proses
pembelajaran
B. Jenis
Tes : tertulis,
Perbuatan
C. Alat
tes :
XI. SUMBER BELAJAR
-
Remen Basa
Jawa SD/MI Kls. V, oleh Tim pena Guru Penerbit : Erlangga hal. 68-70
Mengetahui
|
|
................................,
…………………
|
Kepala
Sekolah
...................................................................
NIP/NIK
|
Guru
Kelas V
......................................................................
NIP/NIK
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar