PROGRAM SEMESTER
Nama Sekolah :
Kelas/Semester : V (5) / 2 (Genap)
Identitas Mata Pelajaran : Basa
Jawa
Standar Kompentensi : Mendengarkan
Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan
melalui mendengarkan pesan langsung, cerita wayang, drama, dan ungkapan teman
tentang kegembiraan.
Berbicara
Mampu
mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan, dengan
ragam bahasa tertentu.
Membaca
Mampu
membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca cepat,
membaca bersuara, membaca indah, membaca huruf jawa.
Menulis
Mampu
menulis karangan dengan pikiran dalam berbagai ragam bahasa jawa dan jenis
karangan tertentu sesuai kaidah bahasa
Kompetensi Dasar : Nyemak
5.1. Mendengarkan cerita rakyat
Micara
6.1. Mendeskripsikan benda di sekitar
Maca
7.1. Membaca cerita anak
Nulis
8.1. Menulis laporan sederhana hasil pelaksanaan
tugas
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Materi Ajar
|
Alokasi Waktu
|
Januari
|
Pebruari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
Wulangan 6 : Pendhidhikan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.1.1. Mendengarkan cerita rakyat/ dongeng Rawa
Pening
5.1.2. Menyebutkan tokoh utama dan wataknya
5.1.3. Mrnceritakan kembali isi
|
Nyemak
carita Rawa Pening
|
2 x 35’
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Materi Ajar
|
Alokasi Waktu
|
Januari
|
Pebruari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
|||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
cerita secara singkat dengan
menggunakan ragam bahasa tertentu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.1.1. Memberi komentar kebaikan atau kelemahan
benda atau alat secara objektif dengan bahasa yang komunikatif dari kata
6.1.2. Mendeskrip-sikan gambar benda
|
Micara, mbandingake lan nyritakake
|
2 x
35’
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.1.1. Membaca bersuara dengan menggunakan lafal dan
intonasi yang tepat
7.1.2. menyimpu;kan isi bacaan
|
Maca carita
|
2 x
35’
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.1.1. Menulis laporan pengamatan
|
Nulis laporan nggatakaken lomba pidhato
|
2 x
35’
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
REMEDIAL
|
1 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
EVALUASI
|
1 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
PENGAYAAN
|
1 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
PROGRAM SEMESTER
Nama Sekolah :
Kelas/Semester : V (5) / 2 (Genap)
Identitas Mata Pelajaran : Basa
Jawa
Standar Kompentensi : Mendengarkan
5. Mampu mendengarkan dan memahami ragam
wacana lisan melalui mendengarkan pesan langsung, cerita wayang, drama, dan ungkapan
teman tentang kegembiraan.
Berbicara
6
. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan,
dengan ragam bahasa tertentu.
Membaca
7.
Mampu membaca dan memahami ragam teks
bacaan dengan berbagai teknik membaca cepat, membaca bersuara, membaca indah, membaca
huruf jawa.
Menulis
8.
Mampu menulis karangan dengan pikiran
dalam berbagai ragam bahasa jawa dan jenis karangan tertentu sesuai kaidah
bahasa
Kompetensi Dasar : Nyemak
5.1. Mendengarkan cerita rakyat
Micara
6.2. Menanggapi persoalan factual menggunakan ragam
bahasa yang santun
Maca
7.1. Membaca cerita anak
Nulis
8.1. Menulis laporan sederhana hasil pelaksanaan
tugas
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Materi Ajar
|
Alokasi Waktu
|
Januari
|
Pebruari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
Wulangan 7 : Budhi Pekerti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.1.1. Mendengarkan cerita rakyat/ dongeng “Dumadide
Aksara Jawa’ dan menjawab pertanyaan sesuai dengan isi cerita
|
Nyemak carita/
dongeng “Dumadine Aksara Jawa”
|
2 x 35’
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Materi Ajar
|
Alokasi Waktu
|
Januari
|
Pebruari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
|||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
5.1.2.Meringkas
cerita dengan ragam bahasa teertentu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.2.1. Memberi komentar atau saran dengan alasan
yang logis dalam berbagai ragam bahasa
|
Micara nanggapi isi gambar
|
2 x
35’
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.1.1. Membaca bersuara dengan menggunakan lafal dan
intonasi yang tepat
7.1.2. Menyebutkan watak tokoh
7.1.3. Menyelesaikan/ melengkapi cerita hingga tamat
|
Maca carita ”Timun Mas”
|
2 x
35’
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.1.1. Menulis laporan pengamatan
|
Nulis laporan pengamatan ” Kahaman perpustakaan sekolahmu”
|
2 x
35’
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
REMEDIAL
|
1 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
EVALUASI
|
1 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
PENGAYAAN
|
1 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Mengetahui
|
|
...............................,
...............
|
Kepala Sekolah
......................................................................
NIP/NIK
|
Guru Kelas V
.......................................................................
NIP/NIK.
|
PROGRAM SEMESTER
Nama Sekolah :
Kelas/Semester : V (5) / 2 (Genap)
Identitas Mata Pelajaran : Basa
Jawa
Standar Kompentensi : Mendengarkan
5. Mampu mendengarkan dan memahami ragam
wacana lisan melalui mendengarkan pesan langsung, cerita wayang, drama, dan ungkapan
teman tentang kegembiraan.
Berbicara
6
. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan,
dengan ragam bahasa tertentu.
Membaca
7.
Mampu membaca dan memahami ragam teks
bacaan dengan berbagai teknik membaca cepat, membaca bersuara, membaca indah, membaca
huruf jawa.
Menulis
8.
Mampu menulis karangan dengan pikiran
dalam berbagai ragam bahasa jawa dan jenis karangan tertentu sesuai kaidah
bahasa
Kompetensi Dasar : Nyemak
5..2. Mendengarkan tembang Miji
Micara
6.2. Menanggapi persoalan factual menggunakan ragam
bahasa yang santun
Maca
7.2. Membaca indah
Nulis
8.2. Menulis kalimat sederhana berhuruf Jawa
menggunakan pasangan
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Materi Ajar
|
Alokasi Waktu
|
Januari
|
Pebruari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
Wulangan 8 : Kabudayaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2.1. Menembang-kan tembang mancapay mijil
|
Nyemak
tembang mancapat Mijil
|
2 x 35’
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.2.1. Memberi komentar atau saran dengan alasan
yang logis dalam berbagai ragam bahasa
|
Micara gawe tanggapan
|
2 x 35’
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Materi Ajar
|
Alokasi Waktu
|
Januari
|
Pebruari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
|||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
7.3.1. Membaca gegruritan dengan menggunakan lafal
dan intonasi yang tepat
7.3.2. Menjawab pertanyaan
7.3.3. Mengarang sesuai isi geguritan
|
Maca geguritan”
|
2 x
35’
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.2.1. Menulis kalimat sederhana dengan huruf Jawa
menggunakan pasangan
8.2.2. Menyalin/ mentransilitrasikan dalam aksara
Latin
|
Nulis nganggo aksara Jawa
|
2 x
35’
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
REMEDIAL
|
1 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
EVALUASI
|
1 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
PENGAYAAN
|
1 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Mengetahui
|
|
...............................,
...............
|
Kepala Sekolah
......................................................................
NIP/NIK
|
Guru Kelas V
.......................................................................
NIP/NIK.
|
PROGRAM SEMESTER
Nama Sekolah :
Kelas/Semester : V (5) / 2 (Genap)
Identitas Mata Pelajaran : Basa
Jawa
Standar Kompentensi : Mendengarkan
5. Mampu mendengarkan dan memahami ragam
wacana lisan melalui mendengarkan pesan langsung, cerita wayang, drama, dan ungkapan
teman tentang kegembiraan.
Berbicara
6
. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan,
dengan ragam bahasa tertentu.
Membaca
7.
Mampu membaca dan memahami ragam teks
bacaan dengan berbagai teknik membaca cepat, membaca bersuara, membaca indah, membaca
huruf jawa.
Menulis
8.
Mampu menulis karangan dengan pikiran
dalam berbagai ragam bahasa jawa dan jenis karangan tertentu sesuai kaidah
bahasa
Kompetensi Dasar : Nyemak
5..2. Mendengarkan tembang Mijil
Micara
6.2. Menanggapi persoalan factual menggunakan ragam
bahasa yang santun
Maca
7.3. Membaca kalimat sederhana berhuruf Jawa yang
menggunakan pasangan
Nulis
8.2. Menulis kalimat sederhana berhuruf Jawa
menggunakan pasangan
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Materi Ajar
|
Alokasi Waktu
|
Januari
|
Pebruari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
Wulangan 9 : Pariwisata
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2.1. Menembang-kan tembang mancapay mijil
|
Nyemak
tembang mancapat Mijil
|
2 x 35’
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.2.1. Mengidentifi-kasi masalah atau persoalan
6.2.2. Menanggapi persoalan dengan saran yang baik
|
Micara gawe tanggapan mawa basa kang santun
|
2 x 35’
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Materi Ajar
|
Alokasi Waktu
|
Januari
|
Pebruari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
|||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
7.3.1. Membaca intensif teks bacaan
7.3.2. Meringkas isi bacaan
7.3.3. Membaca kalimat huruf Jawa dengan lafal dan
intonasi yang tepat
|
Maca intensif ”Benteng Pendhem” lan maca aksara Jawa
|
2 x
35’
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.2.1. Menulis kalimat sederhana dengan huruf Jawa
menggunakan pasangan
|
Nulis kalimat sederhana berhuruf Jawa mengguna-kan pasangan
|
2 x
35’
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
REMEDIAL
|
1 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
EVALUASI
|
1 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
PENGAYAAN
|
1 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Mengetahui
|
|
...............................,
...............
|
Kepala Sekolah
......................................................................
NIP/NIK
|
Guru Kelas V
.......................................................................
NIP/NIK.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar