Selasa, 18 November 2014

PROMES



PROGRAM SEMESTER
Nama Sekolah                   :   
Kelas/Semester                  :    V (5) / 2 (Genap)
Identitas Mata Pelajaran :    Basa Jawa
Standar  Kompentensi      :    Mendengarkan
                                                Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan pesan langsung, cerita wayang, drama, dan ungkapan teman tentang kegembiraan.
                                                Berbicara
                                               Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan, dengan ragam bahasa tertentu.
                                               Membaca
                                               Mampu membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca cepat, membaca bersuara, membaca indah, membaca huruf jawa.
                                               Menulis
                                               Mampu menulis karangan dengan pikiran dalam berbagai ragam bahasa jawa dan jenis karangan tertentu sesuai kaidah bahasa
Kompetensi Dasar            :    Nyemak
                                                5.1. Mendengarkan cerita rakyat
                                               Micara
                                               6.1. Mendeskripsikan benda di sekitar
                                               Maca
                                               7.1. Membaca cerita anak
Nulis
                                               8.1. Menulis laporan sederhana hasil pelaksanaan tugas

Indikator Pencapaian
Kompetensi
Materi Ajar
Alokasi Waktu
Januari
Pebruari
Maret
April
Mei
Juni
1
2
3
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
Wulangan  6 : Pendhidhikan





























5.1.1. Mendengarkan cerita rakyat/ dongeng Rawa Pening
5.1.2. Menyebutkan tokoh utama dan wataknya
5.1.3. Mrnceritakan kembali isi
Nyemak carita Rawa Pening
2  x 35’
































Indikator Pencapaian
Kompetensi
Materi Ajar
Alokasi Waktu
Januari
Pebruari
Maret
April
Mei
Juni

1
2
3
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
           cerita secara singkat dengan menggunakan ragam bahasa tertentu






























6.1.1. Memberi komentar kebaikan atau kelemahan benda atau alat secara objektif dengan bahasa yang komunikatif dari kata
6.1.2. Mendeskrip-sikan gambar benda
Micara, mbandingake lan nyritakake
2 x 35’




























7.1.1. Membaca bersuara dengan menggunakan lafal dan intonasi yang tepat
7.1.2. menyimpu;kan isi bacaan
Maca carita
2 x 35’




























8.1.1. Menulis laporan pengamatan
Nulis laporan nggatakaken lomba pidhato
2 x 35’




























REMEDIAL
1 JP




























EVALUASI
1 JP




























PENGAYAAN
1 JP






























PROGRAM SEMESTER
Nama Sekolah                   :   
Kelas/Semester                  :    V (5) / 2 (Genap)
Identitas Mata Pelajaran :    Basa Jawa
Standar  Kompentensi      :    Mendengarkan
                                               5. Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan pesan langsung, cerita wayang, drama, dan ungkapan teman tentang kegembiraan.
                                                Berbicara
                                   6 . Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan, dengan ragam bahasa tertentu.
                                               Membaca
                                               7. Mampu membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca cepat, membaca bersuara, membaca indah, membaca huruf jawa.
                                               Menulis
                                               8. Mampu menulis karangan dengan pikiran dalam berbagai ragam bahasa jawa dan jenis karangan tertentu sesuai kaidah bahasa
Kompetensi Dasar            :    Nyemak
                                                5.1. Mendengarkan cerita rakyat
                                               Micara
                                               6.2. Menanggapi persoalan factual menggunakan ragam bahasa yang santun
                                               Maca
                                               7.1. Membaca cerita anak
Nulis
                                               8.1. Menulis laporan sederhana hasil pelaksanaan tugas

Indikator Pencapaian
Kompetensi
Materi Ajar
Alokasi Waktu
Januari
Pebruari
Maret
April
Mei
Juni
1
2
3
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
Wulangan  7 : Budhi Pekerti





























5.1.1. Mendengarkan cerita rakyat/ dongeng “Dumadide Aksara Jawa’ dan menjawab pertanyaan sesuai dengan isi cerita
Nyemak carita/ dongeng “Dumadine Aksara Jawa”
2  x 35’
































Indikator Pencapaian
Kompetensi
Materi Ajar
Alokasi Waktu
Januari
Pebruari
Maret
April
Mei
Juni

1
2
3
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
5.1.2.Meringkas cerita dengan ragam bahasa teertentu






























6.2.1. Memberi komentar atau saran dengan alasan yang logis dalam berbagai ragam bahasa
Micara nanggapi isi gambar
2 x 35’




























7.1.1. Membaca bersuara dengan menggunakan lafal dan intonasi yang tepat
7.1.2. Menyebutkan watak tokoh
7.1.3. Menyelesaikan/ melengkapi cerita hingga tamat
Maca carita ”Timun Mas”
2 x 35’




























8.1.1. Menulis laporan pengamatan
Nulis laporan pengamatan ” Kahaman perpustakaan sekolahmu”
2 x 35’




























REMEDIAL
1 JP




























EVALUASI
1 JP




























PENGAYAAN
1 JP






























Mengetahui

..............................., ...............
Kepala Sekolah


......................................................................
NIP/NIK
Guru Kelas V


.......................................................................
NIP/NIK.
 PROGRAM SEMESTER
Nama Sekolah                   :   
Kelas/Semester                  :    V (5) / 2 (Genap)
Identitas Mata Pelajaran :    Basa Jawa
Standar  Kompentensi      :    Mendengarkan
                                               5. Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan pesan langsung, cerita wayang, drama, dan ungkapan teman tentang kegembiraan.
                                                Berbicara
                                   6 . Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan, dengan ragam bahasa tertentu.
                                               Membaca
                                               7. Mampu membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca cepat, membaca bersuara, membaca indah, membaca huruf jawa.
                                               Menulis
                                               8. Mampu menulis karangan dengan pikiran dalam berbagai ragam bahasa jawa dan jenis karangan tertentu sesuai kaidah bahasa
Kompetensi Dasar            :    Nyemak
                                                5..2.  Mendengarkan tembang Miji
                                               Micara
                                               6.2. Menanggapi persoalan factual menggunakan ragam bahasa yang santun
                                               Maca
                                               7.2. Membaca indah
Nulis
                                               8.2. Menulis kalimat sederhana berhuruf Jawa menggunakan pasangan
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Materi Ajar
Alokasi Waktu
Januari
Pebruari
Maret
April
Mei
Juni
1
2
3
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
Wulangan  8 : Kabudayaan





























5.2.1. Menembang-kan tembang mancapay mijil
Nyemak tembang mancapat Mijil
2  x 35’




























6.2.1. Memberi komentar atau saran dengan alasan yang logis dalam berbagai ragam bahasa
Micara gawe tanggapan
2  x 35’
































Indikator Pencapaian
Kompetensi
Materi Ajar
Alokasi Waktu
Januari
Pebruari
Maret
April
Mei
Juni

1
2
3
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
7.3.1. Membaca gegruritan dengan menggunakan lafal dan intonasi yang tepat
7.3.2. Menjawab pertanyaan
7.3.3. Mengarang sesuai isi geguritan
Maca geguritan”
2 x 35’




























8.2.1. Menulis kalimat sederhana dengan huruf Jawa menggunakan pasangan
8.2.2. Menyalin/ mentransilitrasikan dalam aksara Latin
Nulis nganggo aksara Jawa
2 x 35’




























REMEDIAL
1 JP




























EVALUASI
1 JP




























PENGAYAAN
1 JP





























Mengetahui

..............................., ...............
Kepala Sekolah


......................................................................
NIP/NIK
Guru Kelas V


.......................................................................
NIP/NIK.


PROGRAM SEMESTER
Nama Sekolah                   :   
Kelas/Semester                  :    V (5) / 2 (Genap)
Identitas Mata Pelajaran :    Basa Jawa
Standar  Kompentensi      :    Mendengarkan
                                               5. Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan pesan langsung, cerita wayang, drama, dan ungkapan teman tentang kegembiraan.
                                                Berbicara
                                   6 . Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan, dengan ragam bahasa tertentu.
                                               Membaca
                                               7. Mampu membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca cepat, membaca bersuara, membaca indah, membaca huruf jawa.
                                               Menulis
                                               8. Mampu menulis karangan dengan pikiran dalam berbagai ragam bahasa jawa dan jenis karangan tertentu sesuai kaidah bahasa
Kompetensi Dasar            :    Nyemak
                                                5..2.  Mendengarkan tembang Mijil
                                               Micara
                                               6.2. Menanggapi persoalan factual menggunakan ragam bahasa yang santun
                                               Maca
                                               7.3. Membaca kalimat sederhana berhuruf Jawa yang menggunakan pasangan
Nulis
                                               8.2. Menulis kalimat sederhana berhuruf Jawa menggunakan pasangan
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Materi Ajar
Alokasi Waktu
Januari
Pebruari
Maret
April
Mei
Juni
1
2
3
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
Wulangan  9 : Pariwisata





























5.2.1. Menembang-kan tembang mancapay mijil
Nyemak tembang mancapat Mijil
2  x 35’




























6.2.1. Mengidentifi-kasi masalah atau persoalan
6.2.2. Menanggapi persoalan dengan saran yang baik
Micara gawe tanggapan mawa basa kang santun
2  x 35’
































Indikator Pencapaian
Kompetensi
Materi Ajar
Alokasi Waktu
Januari
Pebruari
Maret
April
Mei
Juni

1
2
3
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
7.3.1. Membaca intensif teks bacaan
7.3.2. Meringkas isi bacaan
7.3.3. Membaca kalimat huruf Jawa dengan lafal dan intonasi yang tepat
Maca intensif ”Benteng Pendhem” lan maca aksara Jawa
2 x 35’




























8.2.1. Menulis kalimat sederhana dengan huruf Jawa menggunakan pasangan
Nulis kalimat sederhana berhuruf Jawa mengguna-kan pasangan
2 x 35’




























REMEDIAL
1 JP




























EVALUASI
1 JP




























PENGAYAAN
1 JP





























Mengetahui

..............................., ...............
Kepala Sekolah


......................................................................
NIP/NIK
Guru Kelas V


.......................................................................
NIP/NIK.



 BP. CIPTA MANDIRI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar